Senin - Sabtu 08.00 - 16.30 || Minggu 09.00 - 16.00 || HP/Wa 0815-1483-2773

Jurus Minimal Seorang Ibu Saat Jadi Koki di Rumah

Thursday, June 15th 2017.

Sering ibu-ibu itu bingung mau masak apa hari ini?. Hingga sudah di pasar atau di tukang sayur bengong. Ditanya sama penjuale, mau beli sayuran apa bu? jawabe malah “Iya nih, bingung”.

Whattt!!, memang ada ya sayur bingung?? hehe

Jago_Masak

Sebenarnya sih banyak menu dan resep bersliweran di beranda FB, bagi yang punya hihi, atau sekarang di tivi mah banyak acara masak-masak atuh, menawarkan berbagai macam cara dan resep dari yang praktis maupun yang elegan macam masakan di Master Chef Indonesia walahhemm.

Belum lagi itu tuh iklan dodolan panci dobel panlah, juicer 7 fungsilah, wajan marmer, panggangan batu akik eh salah hihi. Yang makin melambungkan imajinasi para IRT kalo lagi nonton pingin masak ini, masak itu, sambil nelen air ludah. Daaan akhirnya hanya terhenti di keinginan tanpa sampai kenyataan.

Nah harusnya sih ada standar minimal agar tidak bingung ketika turun di meja kerja utama alias dapur.

Satu, Menguasai kemampuan dasar memasak merebus, mengukus, menggoreng, menumis, menyangrai, paliiiing minimal bisa rebus air sampe mendidih, dan mencet tombol on pada magic com hihi.

Dua, Menguasai ilmu bahan makanan praktis dan cocok dilidah. Jenis-jenis makanan pokok, lauk hewani, lauk nabati, sayur-mayur, dan buah, serta berbagai minuman.

Tiga, Menguasai menyusun menu minimal ideal, jangan sampai makan nasi sayur mi, lauk krupuk. Mana sayurnya?, lauk hewaninya, mana lauk nabatinya? kalo gitu?

Empat, Menguasai resep praktis sederhana dalam mengolah lauk dan sayuran, minimal buat sambel wes hihi

Contoh menu sederhana tapi lengkap dan bergizi : Nasi,  Telur Ceplok, tumis kangkung, sambel tempe. Mbok ora nyambung tapi saya yakin lebih mudah memasak dan sesuai kemampuan realita ibu-ibu pada umumnya.

Meski pinginnya masak Makaroni schotel, paupitties de poisson, kemudian cabbage rolls misalnyah haha. Walah namanya saja baru denger kali, opomeneh asline kaya apa?, kecuali mereka-mereka yang memang kesehariannya nguplek-uplek begituan pasti tak asing lagi.

Berikut tips nyusun menu, yang memungkinkan..

a. list semua bahan yang terjangkau bagi kita untuk beli dan masak.

Misal : Bahan Makanan pokok

1. Beras

2. Mie

3. Roti

4. Kentang

5. Singkong

6. Bihun

7. Tiwul

Bahan Lauk Hewani :

1. Ayam

2. Daging

3. Telur

4. Ikan Lele

5. Udang

6. Cumi-cumi

7. Ikan cue

Bahan lauk Nabati

1. Tahu

2. Tempe

3. Kacang tanah

4. Kacang merah

5. Oncom

6. Kacang tholo

7. Tempe koro benguk

Sayuran

1. Bayem

2. Kangkung

3. Daun singkong

4. Kol

5. Sawi

6. Tauge

7. Daun so

Buah

1. Pisang

2. Jeruk

3. Pepaya

4. Mangga

5. Apel

6. Melon

7. Semangka

Diatas hanya contoh jika ingin membuat variasi makanan sepekan. Jika ingin lebih bisa diganti sendiri jenisnya.

b. Pelajari dan kuasai cara memasak bahan-bahan diatas yang paling memungkinkan dan sederhana, artinya jika punya waktu luang banyak baru deh praktekin yang rumit-rumit ala koki hotel bintang tujuh eh lima aja ya haha.

Misal cara memasak lauk hewani

1. Digoreng jadilah ayam goreng, lele goreng, cue goreng, telur ceplok/dadar, udang goreng.

2. Di kukus : Jadilah ayam kukus lele kukus, telur kukus, udang kukus.Tanya rasa? emang enak? lha penting mateng katanya wkwk.

3. Di rebus : Yang paling mungkin ya telur rebus, tapi kalo doyan cumi rebus juga ga papa sih hehe.

Cara masak lauk nabati idem ya dengan yang hewani kurang lebih sama kok.

Cara masak sayuran nih yang paling mudah dengan tingkat keruwetan minimal : pertama adalah sayur bening bisa bayem, kangkung, daun so, daun kacang panjang, katuk, tapi kalo mau nyoba bening toge sama kol juga enak sih hihi. Bumbunya duo bawang, gula garam, kencur/kunci.

Kedua adalah aneka  kedua adalah aneka sayur tumisan dari kangkung, kacang panjang, bayem, toge, kol dsb bisa. Bumbu : duo bawang cabe gula garam

Ketiga aneka ca sayuran, misal kangkung maning, sawi, kol, dsb. Bumbu bawang putih, merica digeprek, bila suka tambah kemiri. Cara memasak ditumis dikasih sedikit air.

Keempat sop, ini mah apa aja bisa di sop dari bayem sampe jamur kuping, bumbu bawang putih merica, diulek, bawang merah iris goreng untuk tabura

Kelima lodeh bumbu sama dengan sayur tumis tapi dikasih santan untuk kuah

c. Punya alat dan kuasai cara menggunakannya. Alat minimal, panci dalam, panci yang ada sarangan untuk mengukus, pisau, talenan, baskom pencuci bahan, wajan tidak harus datar, biar tipi aja yang berlayar datar hehe.

Dah saya rasa keterampilan sederhana itu cukup untuk kita menopang hidup. Syaratnya ada bahan dan tidak males!

Salam semangat masak yes!!

Sumber http://tuturma.ma/2017/05/20/jurus-minimal-seorang-ibu-saat-jadi-koki-di-rumah/

Perlengkapan Bayi | Kursi Bonceng Anak | Kolam Renang Bayi | Baby Beanbag

Artikel Terkait:

Produk terbaru

Rp 120.000
Order Sekarang » SMS : 0815-1483-2773
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangKursi Bonceng Expro Anak Matic Kiddy Karakter Cars
Harga Rp 120.000
Lihat Detail
Rp 75.000
Order Sekarang » SMS : 0815-1483-2773
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangSwimtrainer Planes
Harga Rp 75.000
Lihat Detail
Rp 75.000
Order Sekarang » SMS : 0815-1483-2773
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangSwimtrainer Princess
Harga Rp 75.000
Lihat Detail
Rp 75.000
Order Sekarang » SMS : 0815-1483-2773
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangSwimtrainer Pooh
Harga Rp 75.000
Lihat Detail
Rp 75.000
Order Sekarang » SMS : 0815-1483-2773
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangSwimtrainer Mickey Mouse
Harga Rp 75.000
Lihat Detail
Rp 32.000
Order Sekarang » SMS : 0815-1483-2773
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangSari Bubuk Kedelai & Kacang Hijau Daun Katuk Afis Life Untuk Ibu Menyusui
Harga Rp 32.000
Lihat Detail
Rp 65.000
Order Sekarang » SMS : 0815-1483-2773
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangKreatif Block Isi 136pcs
Harga Rp 65.000
Lihat Detail
Rp 115.000
Order Sekarang » SMS : 0815-1483-2773
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangMainan Bunchems Isi 400pcs
Harga Rp 115.000
Lihat Detail

Informasi

Mainan adalah barang yang tanpa ada garansi dari pabrik, kami selalu mengecek kelengkapan dan test semua fungsi sebelum barang dikirim.
Semua mainan tiupan, pelampung dan kolam,barang tidak dites dan tidak ada garansi kebocoran. kami sarankan utk beli lem utk mengatasi kebocoran.

Rekening Bank

0885556634 Beti Bistiorini
1410011479581 Beti Bistiorini
0219739261 Beti Bistiorini
058301010645509 Beti Bistiorini