Senin - Sabtu 08.00 - 16.30 || Minggu 09.00 - 16.00 || HP/Wa 0813-3450-6424

Untuk Para Suami, Hadirlah Saat Istrimu Berjuang Bertaruh Nyawa Melahirkan Anak

Tuesday, June 20th 2017.

Saya sangat bersyukur telah dikaruniai momongan. Dalam empat tahun telah lahir tiga anak perempuan. Lucu – lucu, imut – imut dan sehat – sehat. Jadilah si bapak makhluk paling ganteng di planet bumi, eh salah, di rumah maksudnya. Pasalnya, yang laki cuma bapaknya. Hee.

hadirlah-saat-istri-sedang-hamil

Tapi, by the way, cepet banget kan ya? Empat tahun nikah, tiga anak terlahir. Yah, takdirnya emang gitu kok. Yang penting tetap disyukuri. Kita punya rencana, Allah juga punya rencana. Rencana Allah pasti yang terbaik bagi hamba – hamba-Nya (pak ustadz mode on).

Setiap hamil dan melahirkan, kondisinya beda –beda. Dan ternyata, orang hamil  dan melahirkan itu WOW banget. Bagaimana tidak, misalnya saja ketika kehamilan anak pertama, terutama trimester pertama. Pas bapaknya baru pulang kerja, ucap salam lalu masuk rumah. Kusambut dengan suka cita, salaman, dan tidak selang berapa lama ekspresi wajah berubah, lalu berkata,

“Kok keringetnya bau banget sih?”

Untung suami enggak nanggepin serius-serius amat, kalo di tanggepin bakal panjang urusan. Suami sadar betul kondisi mamah muda yang lagi hamil pertama kali, kadang jadi makhluk yang sensitive. Tidak mau kalah ketika berdebat dan adu argument. Wanita itu historis, jadi kalau lagi sebel bisa keluar semua kejadian masa lalu yang sebenarnya sudah selesai dan tidak penting – penting amat. Phiuuhh..suami hanya langsung mandi dan ganti baju. Tau betul kalau ni orang hamil sangat sensitive dengan bau-bauan yang menyengat.

Atau kejadian lainnya kalau suami pas pulang malem. Nunggu suami enggak pulang-pulang di rumah hanya sendiri. Bosan di depan komputer ngerjain tesis sambil mikir, ini bisa selesai sebelum lahiran ga ya. Rasa jemu kadang memuncak sehingga datanglah kaki pegal, ngilu rasanya, pengen dipijit-pijit.

Terpaksa dan sering maksa suami untuk minta pijit, padahal udah nahan biar enggak minta pijit. Kasihan suami kan, sudah capek dan ngntuk berat. Kalau belum dipijit belum bisa tidur.. Di waktu seperti ini peran suami sangat penting.  Kesabaran dan sentuhan lembut untuk memijat sangat penting. Istri akan merasa semakin kuat dan semakin bahagia dengan kehamilannya, karena memiliki suami yang bertanggung jawab.

Pekerjaan lain seorang suami yang istrinya lagi hamil adalah mengelus – elus perut istri yang makin hari makin besar. Ini terutama terjadi ketika sudah memasuki trimester kedua dan ketiga. Ketika istri sudah makin payah. Ketika punggung dan kaki sudah makin terasa pegel – pegel. Ini sangat penting untuk membangun komunikasi dengan calon bayi dan cara ampuh suami untuk menunjukkan perhatiannya.

Bagi suami saya, ini pekerjaan yang sangat aneh seolah kurang kerjaan aja. Ngelus – elus perut sambil dengerin cerita istri yang panjang kali lebar sampai tak terhingga. “Memang, wanita itu butuh telinga yang siap mendengar apa saja ceritanya. Tidak peduli sudah berapa kali cerita yang sama diceritakan lagi”. Wahai suami, istri itu hanya butuh ada orang yang bersedia mendengar dengan penuh perhatian. Karena kadang istri membutuhkan tempat utuk meluapkan perasaannya, siapkan telingamu. Kalau dia tidak menemukan telinga yang siap mendengar di rumah, dia akan mencari di luar rumah. Dan ini bahaya banget kan… na’udzubillah.

Selain itu wanita juga butuh bahu untuk bersandar. Kalau habis cerita, lalu tiba – tiba menangis, nah..bahu yang pas untuk bersandar ya milik suami tercinta. Maka, siapkan bahumu wahai para suami untuk bersandar. Kan wanita itu suka kebawa perasaan. Dikit – dikit kalau mewek. Mewek lagi dan lagi. Kalau saya sih kadang-kadang begini..

Kebayang ga betapa para suami harus belajar untuk hal – hal sepele namun penuh arti. Suami harus belajar perhatian tanpa terpaksa. Atau suami belajar mendengar cerita dari istri sampai sekian menit lamanya. Padahal pikiran dan tubuh sudah tak kuat menahan capek habis kerja seharian. Ini sepele, namun bisa berpengaruh terhadap kelangsungan rumah tangga.

Belum lagi kalau istri yang hamil lagi ngidam. Meskipun menurut apa yang saya baca, sebenarnya ngidam itu tidak sepenuhnya benar. Misal, si istri malam – malam minta mangga mentah. Di mana coba carinya. Atau malam – malam minta minuman jus merek tertentu. Setelah dibelikan banyak, baru saja diminum satu teguk, langsung ga mau minum lagi.

Ini apa – apaan coba. Aneh banget kan? Tapi lagi – lagi, selaku suami,  harus menghadapi dengan lapang dada. Ikuti saja apa maunya istri (bukan berarti istri semena – mena lo ya…) Demi janin yang ada di perutnya. Demi istri yang kau cintai, yang sedang bersusah payah mengandung anakmu.

Belum lagi kalau bau makanan tertentu sudah langsung muntah. Atau kalau makan dikit saja langsung keluar lagi. Betapa kondisi seperti ini kehadiran seorang suami sangatlah diperlukan? Kalau saya dulu aneh, biar enggak muntah sehabis makan, saya meminta suami saya untuk bercerita hal-hal yang lucu sehingga mengubah mood saya. Sungguh kehadiran suami sangat berarti bagi istri, bisa menenangkan istri. Selanjutnya, kalau hatinya tenang, akan berpengaruh juga kepada janin. Dengan begitu, diharapkan janin tumbuh dan berkembang secara sehat dan lahir normal.

Memang, kondisi kehamilan setiap orang beda – beda. Tetapi, semua mengakui bahwa hamil itu bukan pekerjaan yang ringan. Semakin bertambah hari, semakin bertambah berat kehamilan seseorang.

Mungkin inilah salah satu sebab kenapa surga diletakkan di bawah telapak kaki ibu, bukan di bawah telapak kaki bapak. Kalau di bawah telapak kaki  bapak itu tidak ada surga, yang ada kapalen. Hee. Dan selamanya seorang ayah tidak akan pernah bisa hamil apalagi melahirkan. Ayah hanya sponsor utama saja.

Alhamdulillah, setiap saya hamil suami selalu membersamai. Lha memang kami tidak LDR – an. Dan Alhamdulillah, kelahiran ketiga anak saya, suami juga ada disamping saya. Tidak terbayang kalau suami tidak berada di sebelah saya ketika melahirkan..

Sebelum hamil samapi usia 9 bulan kadang sudah merasakan kontraksi, mules terus hilang (ini namanya kontraksi semu). Nah… kalau mau lahiran itu mulesnya sering, ini berarti kontraksi beneran pertanda bayi mau lahir. Awal – awal kontraksi terasa satu jam sekali, lalu empat puluh lima menit sekali, lalu tiga puluh menit sekali, terus semakin dekat jaraknya. Sampai – sampai setiap dua atau tiga menit sekali. Hoohoo.

Di saat kontraksi ini berlangsung biasanya istri sangat membutuhkan suami di sampingnya. Untuk sekedar memberi aba-aba tarik nafas, keluarkan pelan-pelan! (ini membantu mengurangi rasa sakit). Dipegang tangannya atau memberikan tubuhnya untuk dipeluk istri supaya rasa sakit berkurang.

Kalau para suami pernah mules yang luar biasa, mungkin seperti itu rasanya. Kebayangkan kan kalau rasa mules itu datang dalam jangka waktu yang lama..

Kalau sudah seperti ini, bener – bener dah kerasa banget perjuangan seorang ibu yang hendak lahiran. Kata suami saya “Saya lihat istri pas kontraksi mau melahirkan itu sangat terharu. Tanpa terasa mata bercaka – kaca. Jadi tahu juga beginilah perjuangan ibu saya dulu. Dengan begitu, makin takdzim pada ibu, dan makin sayang sama istri.” Selaku istri saya terharu mendengarnya.

Ketika waktu kelahiran telah dekat.

Istri sudah tidak kuat menahan sakit. Saat – saat seperti ini, istri sangat membutuhkan kehadiran suami. Saat itu, terutama saat kelahiran anak pertama saya, tangan suami menjadi pelampiasan menahan rasa sakit. Saya tidak sadar waktu itu, saya tau setelah lahiran tangan suami saya lecet-lecet. Kata suami saya “saya memegang tangannya begitu kuat dan tidak karuan”.

Ya.. para suami kehadiranmu di ruang persalinan sangat membantu istri sebagai pegangan (dari pada megang tiang atau perawat) dan dukungan moril memotivasi istri dalam mengejan sungguh sangat berarti.

Kehadiran di dalam ruangan persalinan memudahkan suami untuk bersegera melakukan beberapa hal yang dianjurkan. Seperti memperdengarkan adzan – iqomah di telinga bayi. 

Melakukan tahnik dengan kurma lalu mendoakan bayi. Apa itu tahnik? Suami mengambil sebutir kurma, lalu menggigit dan mengunyahnya sampai lembut. Kemudian, ambil pakai jari, oleskan pada mulut, gusi dan langit – langit jabang bayi. Ini adalah sunnah Nabi yang sering dilupakan orang.

Kebayang kan perjuangan seorang wanita ketika melahirkan? Mungkin inilah mengapa orang melahirkan nilainya seperti jihad. Taruhannya nyawa. Bisa jadi anaknya yang tidak selamat. Atau bisa jadi orang tuanya pendarahan hebat, atau tekanan darah tinggi sehingga menyebabkan kematian. Dan balasannya surga.

Kalau lelaki kan harus mengangkat senjata ke medan perang. Kalau wanita jihadnya ya hamil, melahirkan dan menyusui ini. Pahalanya sungguh luar biasa. Jadi, wanita yang paham akan hal ini akan bersemangat untuk hamil dan melahirkan, hee.

Menukil tulisan yang di share seorang teman

“Suamiku…

Hidupku tanpamu…

Bagai nasi angkringan tanpa karet…

Ambyaarrr!!”

Sumber http://tuturma.ma/2017/02/02/untuk-para-suami-hadirlah-saat-istrimu-berjuang-bertaruh-nyawa-melahirkan-anak/

Perlengkapan Bayi | Kursi Bonceng Anak | Kolam Renang Bayi | Baby Beanbag

Artikel Terkait:

Produk terbaru

Rp 28.000
Order Sekarang » SMS : 0813-3450-6424
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangPelampung Tangan Bestway Princess
Harga Rp 28.000
Lihat Detail
Rp 28.000
Order Sekarang » SMS : 0813-3450-6424
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangPelampung Tangan Bestway Little Fish Nemo
Harga Rp 28.000
Lihat Detail
Rp 40.000
Order Sekarang » SMS : 0813-3450-6424
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangBantal Bayi / Bantal Tangan Menyusui / Arm Nursing Pillow Motif Farms
Harga Rp 40.000
Lihat Detail
Rp 350.000
Order Sekarang » SMS : 0813-3450-6424
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangKasur Bayi Snobby TPK 9203
Harga Rp 350.000
Lihat Detail
Rp 169.000
Order Sekarang » SMS : 0813-3450-6424
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangTas Bayi Snobby TPT 1872
Harga Rp 169.000
Lihat Detail
Rp 28.000
Order Sekarang » SMS : 0813-3450-6424
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangPelampung Tangan Bestway Armbands Disnep Mickey Mouse
Harga Rp 28.000
Lihat Detail
Rp 20.000
Order Sekarang » SMS : 0813-3450-6424
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangPelampung Tangan Uk 3-6 Th
Harga Rp 20.000
Lihat Detail
Rp 50.000
Order Sekarang » SMS : 0813-3450-6424
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangMainan Anak Lego Super Heroes Iron Man
Harga Rp 50.000
Lihat Detail

Informasi

Mainan adalah barang yang tanpa ada garansi dari pabrik, kami selalu mengecek kelengkapan dan test semua fungsi sebelum barang dikirim.
Semua mainan tiupan, pelampung dan kolam,barang tidak dites dan tidak ada garansi kebocoran. kami sarankan utk beli lem utk mengatasi kebocoran.

Rekening Bank

0885556634 Beti Bistiorini
1410011479581 Beti Bistiorini
0219739261 Beti Bistiorini
058301010645509 Beti Bistiorini